Warung Online

Tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Jerawat merupakan masalah yang sangat mengganggu bagi semua orang. Semua orang tentu tidak ingin terserang jerawat, karena hasilnya akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Wajah akan terlihat kusam dan tidak cerah karena jerawat yang bertebaran di wajah. Hal ini tentu menjadi momok yang sangat menakutkan terutama bagi kaum remaja. Karena pada umumnya jerawat akan muncul pada masa-masa remaja. Dan juga meskipun jerawat sudah sembuh terkadang akan meninggalkan bekas noda menghitam di wajah. Hal ini tentu juga sangat ditakuti karena akan merusak penampilan.



Banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat . Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori merupakan faktor timbulnya jerawat. Dengan pori-pori yang tertutup akan menyebabkan infeksi jika dibiarkan kotor terus-terusan. Jenis kulit berminyak juga akan lebih mudah untuk terserang jerawat. Karena produksi minyak yang berlebihan di wajah akan membuat wajah lebih mudah kotor dan bakteri pun tumbuh lebih subur. Faktor lain adalah faktor keturunan, biasanya faktor gen juga mempengaruhi seseorang mudah berjerawat atau tidak. Faktor-faktor lain seperti iritasi kulit, stress dan pemakaian pil KB juga dapat menjadi faktor munculnya jerawat.



Banyak jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat. Mulai dari yang modern, pengobatan alternatif maupun pengobatan tradisional. Semuanya tentu bagus namun tidak untuk semua orang karena setiap orang memiliki kecocokan tersendiri terhadap pengobatan. Selain itu ada beberapa jenis kulit, dan tentu cara penanganannya pun juga berbeda. Sebelum anda memulai pengobatan ada baiknya anda mengetahui jenis kulit anda terlebih dahulu. Ada kulit kering, normal maupun kulit berminyak. Selain itu ada beberapa jenis jerawat dan tentu saja penanganannya juga berbeda. Berikut adalah jenis-jenis jerawat.



1. Jerawat Klasik (Jerawat Biasa)

Jerawat jenis ini sangat mudah untuk dikenali. Dengan benjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Penyebab umumnya biasanya karena stres, hormon dan udara lembab pemicu kulit memproduksi minyak yang menyebabkan penyumbatan pori-pori sehingga terinfeksi bakteri.

Pencegahan Dan Pengobatannya dengan menggunakan sabun wajah yang mengandung benzoyl-peroxida, atau sabun sulfur untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat. Jika tidak berhasil pergilah ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan resep dari dokter.



2. Jerawat Batu/Jerawat Jagung

Bentuknya yang besar dengan tonjolan yang meradang hebat. Berkumpul hampir di seluruh area wajah. Berbeda dengan jerawat biasa yang hanya di salah satu wajah. Jerawat jenis ini sering membuat penderitanya kehilangan kepercayaan diri.



Pencegahan Dan Pengobatan jerawat jenis ini akan percuma bila Anda hanya menggunakan obat jerawat yang dijual bebas di pasaran karena tidak akan mampu menangani jerawat jenis ini. Anda wajib berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengobatinya. Untuk jerawat batu yang hanya satu-dua, penyembuhan yang efektif adalah meminta dokter kulit menyuntik jerawat dengan cortisone, yang membuat jerawat ini sembuh dalam waktu 48 jam.



Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat. Dengan cara modern atau ke dokter, pengobatan jerawat alternatif dan pengobatan jerawat tradisional. Di sini kita akan membahas beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami. Berikut adalah 5 cara menghilangkan jerawat secara alami.




  1. Dengan perahan air ubi kayu. Caranya dengan mengupas kulit ubi kayu kemudian cuci bersih, parut lalu perah airnya. Usapkan perahan air tersebut ke wajah anda untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Lakukan secara rutin selama seminggu.

  2. Tumbuk beberapa kulit kayu manis dan jadikan serbuk. Lalu sapukan pada bekas jerawat. Lakukan secara rutin.

  3. Ambil daun sirih muda secukupnya. Bersihkan dan tumbuk lumat. Bersihkan muka anda sebelum menggunakannya dengan air suam dan sapukan sireh pada muka terutama pada bekas jerawat. Biarkan kira-kira setengah jam lalu cuci bersih muka anda.

  4. Asah kulit kayu manis dan campur dengan madu lebah. Tempelkan pada muka yang ada bekas jerawatnya setiap malam. Esoknya cuci muka anda dengan air bersih.

  5. Sebelum mandi, usapkanlah kulit pisang klutuk (batu) yang sudah matang pada kulit wajah. Biarkan sekitar 10 menit, seolah-olah anda sedang dimasker. Setelah itu bilas dengan air teh basi, dan baru mandi, atau cara kedua adalah dengan menghaluskan biji pinang tua, campur dengan air mawar.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...